Kamis, 11 Oktober 2012

Contoh Exchange Theory


Lima contoh exchange theory dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
1.      Ganjaran = ibu dan pedagang
Ibu membeli suatu barang dari pedagang misalnya saja beras, maka pedagang tersebut memperoleh keuntungan dari ibu yaitu uang sebagai ganjaran yang positif dan timbal balik yang diperoleh ibu yaitu beras, ibu dapat memasaknya untuk dikonsumsi setiap hari sehingga ada keuntungan dari masing-masing pihak.
2.      Ganjaran = ibu dan anak
Seorang anak diberi tanggung jawab oleh ibunya untuk mengerjakan tugas rumah seperti menyapu dan mencuci piring. Ketika anak itu selesai melakukan tanggung jawab tersebut ibu memberinya coklat. Dari contoh ini dapat dipeoleh kesimpulan bahwa ibu mengajarkan anaknya bertanggungjawab, dan rumah menjadi bersih, sedangkan anak memperoleh coklat dari apa yang di lakukannya.
3.      Biaya = guru dan murid
Seorang guru memberikan tugas kepada muridnya, dalam waktu sepekan murid tersebut harus mengumpulkannya agar dapat mempeoleh nilai yang baik. Namun, setelah tiba waktu yang ditentukan murid tersebut tidak mengumpulkan tugas akhirnya murid tersebut tidak memperoleh nilai yang bagus dan bisa jadi murid tersebut di cap sebagai murid yang malas dalam mengerjakan tugas oleh gurunya.
4.      Hasil = murid dan tugas
Seorang murid mendapat nilai yang kurang memuaskan pada suatu tugas misalnya pada pelajaran matematika tugas pertama maka murid tersebut akan belajar dengan baik untuk tugas selanjutnya atau di tugas dengan mata pelajaran yang lain hingga pada akhirnya murid itu mendapat nilai yang memuaskan.
5.      Tingkat perbandingan = sikap sesorang
Seorang pembunuh yang telah mendapat hukuman dan kini telah taubat akan tetap dikenal sebagai seorang pembunuh oleh orang sekitarnya yang mengetahui peristiwa dan perbuatan orang tersebut.

1 komentar:

  1. 10 Best Betting Sites in the UK for 2021 - WooriCasinos.info
    1. 무료 슬롯 머신 Bwin – 모모벳 One of bet surface area the best Betting Sites for Indian players. With a very low payout, they offer a huge 유로 스타 도메인 amount 일본 야구 분석 사이트 of welcome bonuses,

    BalasHapus